BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Biografi Imam Hambali
Ahmad bin Hambal dilahirkan di kota Baghdad, pada bulan Rabi’ul
Awwal tahun 164 Hijriah, yaitu setelah ibu beliau berpindah dari kota “Murwa”
tempat tinggal ayah beliau.
Beliau ialah: Abu Abdullah Ahmad bin Muhammad bin Hambal bin Hilal
bin Asad bin Idris bin Abdullah bin Hayyin bin Abdullah bin Anas bin Auf bin
Qasit bin Syaiban, mendapat gelar Al-Maruri kemudian Al-Baghdadi. Keturunan
Ibnu Hambal bertemu dengan keturunan Rasulullah SAW. pada Mazin bin Mu’ad bin
Adnan. Ibnu Hambal termasyhur dengan nama datuk beliau “Hambal” karena itu
manusia menyebut beliau dengan nama Ibnu Hambal sedangkan Hambal adalah datuk
beliau, sementara ayah beliau ialah Muhammad, ini adalah disebabkan datuk
beliau lebih masyhur dari ayah beliau. Ayah beliau adalah seorang pejuang yang
handal sementara datuk beliau adalah seorang gubernur di wilayah “Sarkhas”
dalam jajahan Kharasan, di masa pemerintahan Umawiyyin.
Ayah Ibnu Hambal meninggal dunia sewaktu beliau masih kecil. Oleh
karena itu beliau hidup sebagai anak yatim yang diasuh oleh ibu beliau saja.
Ibu beliau bernama Safiyyah binti Maimunah binti Abdul Malik Asy-Syaibani dari
suku Amir.
Ibnu Hambal hidup sebagai seorang yang rendah hati dan miskin,
karena ayah beliau tidak meninggalkan warisan pada beliau selain dari sebuah
rumah yang kecil yang didiaminya, dan sedikit tanah yang sangat kecil
penghasilannya. Oleh karena itu, beliau menempuh kehidupan yang susah beberapa
lama hingga beliau terpaksa bekerja untuk mencari kebutuhan hidup, beliau
pernah bekerja dikedai-kedai jahit sebagaimana yang diceritakan oleh Ibnu
Rajabul-Hambali. Di waktu yang lain pula beliau mengambil upah menulis atau
beliau mengambil upah menenun kain atau menjualnya, dan kadangkala beliau
terpaksa mengambil upah membawa barang-barang di jalan-jalan, demikian beliau
sangat menjaga dengan perkara yang halal, beliau tidak menerima perkara yang
ada subhat dan tidak pula beliau menerima hadiah-hadiah atau pemberian-pemberian.
[1]
Dikatakan pula dalam buku lain bahwa Ibnu Hambal adalah seseorang
yang zuhud, seperti yang telah dikatakan oleh Shaleh bin Ahmad bin Hambal bahwa
“Ahmad bin Hambal sering kali membuat adonan tanpa cuka. Aku sering melihatnya
makan roti keras dan kasar yang dikibas-kibaskan karena terkena debu. Roti itu
lalu diletakkan di panci besar lalu dia menuangkan air ke dalamnya agar lembek.
Setelah lembek, dia memakannya dengan garam. Selain itu juga, Beliau adalah
seorang yang wara’ yang mana dalam perkataan Al-Ulaimi, “Sebagian dari sifat
wira’i Ahmad bin Hambal adalah dia meninggalkan untuk isterinya-ibu dari
Abdullah- sebuah rumah dan mengambil satu dirham darinya sebagai hak
mendapatkan warisan.[2]
Imam Ibnu Hambal tidak memberikan suatu fatwa melainkan setelah ditanya
dan tidak juga diberi fatwa kecuali perkara itu telah terjadi. Dan apabila dalam menerima hadist dan sudah di
teliti oleh ia diketemukan baik dalam sejarah maupun rawinya kurang kuat
kebenaranya maka ia akan tidak menggunakan hadits tersebut. Selanjutnya , fiqh
Ahmad Ibn Hambal itu pada dasarnya lebih banyak di dasarkan pada al-Hadits,
dalam artian setelah al-Quran.[3]
Di antara sifat Ibnu Hambal yang mulia adalah memaafkan orang yang
berbuat kesalahan terhadapnya. Dan budi pekerti beliau ialah merendahkan diri
kepada fakir miskin dan orang-orang yang lemah, sekalipun beliau adalah seorang
yang mulia di muka orang yang besar dan mulia. Serta beliau adalah seorang yang
banyak beribadah dan bertahajjud.[4]
Imam Hambali hidup dalam kurun waktu yang penuh dengan fitnah yang
mengatakan bahwa al-Quran adalah baru makhluk. Sehingga timbul golongan
Mu’tazilah. Ahmad bin Abi Duab Al-Mu’tazili adalah wazir atau menteri pada masa
Al-Ma’mun yang mewujudkan fitnah.[5]
Al-Ma’mun condong pada pendapat Mu’tazilah, maka dia memaksa para
ulama dan para hakim untuk menyuarakan madzhab yang sesat. Kebanyakan ulama
yang menerima seruannya itu karena tidak berdaya[6]
lain hal dengan Ahmad bin Hambal, beliau enggan mendukung pendapat itu karena
tetap mempercayai bahwa al-Quran adalah percakapan Allah dan percakapan Allah
adalah salah satu sifat-Nya.[7]
Ibnu Hambal di bawa menghadap Al-Ma’mun
dengan tangannya terikat. Kemudian Al-Ma’mun meninggal dunia lalu
digantikan oleh Al-Mu’tasim. Al-Mu’tasim memegang jabatan khalifah, Ibnu Abi Duab
masih tetap kementerian, manakala Ibnu Hambal yang dikurung atau ditahan
menanti hukuman. Ibnu Hambal dibujuk oleh mereka tetapi beliau tetap dalam
pendiriannya. Beliau dipukul dengan kuat sehingga beliau jatuh pingsan beberapa
kali. Mereka mengurung Ibnu Hambal dalam penjara selama dua tahun setengah.
Sesudah Al-Mu’tasim diganti oleh Al-Wathik, Al-Wathik tidak lagi
mengusir atau menyakiti Ibnu Hambal tetapi dia hanya melarang Ibnu Hambal untuk
tidak mempengaruhi orang banyak. Setelah Al-Wathik meninggal dunia digantikan
oleh Al-Mutawakkil.
Khalifah Al-Mutawakkil berusaha untuk menghilangkan persengketaan
fitnah. Imam ahmad bin Hambal kembali mengajar seperti biasa. Beliau telah
mengalami penderitaan selama empat belas tahun.
Al-Mutawakkil beberapa kali menawarkan kepada Ibnu Hambal dengan
harta kekayaan tetapi tidak diterima namun karena keadaan yang tidak dapat
dielakkan akhirnya beliau terpaksa menerima. Pada akhirnya, Al-Mutawakkil
meyakini keikhlasan Ibnu Hambal, beliau tidak akan menerima satupun hasutan
terhadapnya.[8]
Dalam menuntut ilmu, Imam Hambal telah menempuh rihlah
(perjalanan untuk mencari ilmu) ke berbagai negara, seperti ke Kufah, Bashrah,
Hijaz, Makkah, Madinah, Yaman, Syam, Tsaghur, daerah-daerah pesisir, Marokko,
Al-Jazair, Al-Faratin, Persia, Khurasan, daerah pegunungan serta ke
lembah-lembah dan lain sebagainya. Setelah melakukan rihlah yang panjang ini,
akhirnya Imam Hambali pun kembali lagi ke Baghdad hingga pada masanya, dia
menjadi ulama terkemuka. Dia abdikan ilmu pengetahuannya untuk agama Allah.[9]
Dalam buku lain, Ahmad bin Hambal menuntut ilmu dengan cara
menghafal al-Quran dan mempelajari bahasa. Beliau belajar menulis dan mengarang
di Diwan, umur beliau waktu itu ialah empat belas tahun. Beliau hidup sebagai
seorang yang cinta kepada menuntut ilmu dan bekerja keras. Pada permulaannya
beliau menyalin kitab-kitab yang berdasarkan kepada pemikiran serta beliau
menghafalnya, kemudian beliau tidak lagi menatapinya bahwa beliau lebih gemar
untuk mempelajari hadist, oleh karena itu beliau mengumpulkannya dari beberapa
tempat. Pengumpulan ini dimulakan pada tahun 179 Hijriah.
Pengembaraan beliau yang pertama ialah Kufah, yaitu pada tahun 133
Hijriah dan di tahun itulah guru beliau yang bernama Husyaim bin Busyair
meninggal dunia.
Beliau mengembara ke Basrah untuk pertama kalinya ialah pada tahun
186 Hijriah dan pertama kali beliau mengerjakan ibadah haji ialah pada tahun
187 Hijriah.[10]
Ibnu Hambal mengerjakan haji sebanyak lima kali, tiga kali dengan
berjalan kaki, beliau berbelanja pada tiap-tiap kali hanya sebanyak tiga puluh
dirham saja.[11]
Guru Ibnu Hambal yang pertama adalah Abi Yusuf Yakub bin Ibrahim
Al-Qadhi, seorang rekan Abu Hanifah. Beliau mempelajari ilmu fiqh dan hadits.
Menurut pendapat yang lain yang pertama ialah Husyaim bin Basyir
bin Abi Khasim Al-Wasiti, karena beliau banyak mempengaruhi Ibnu Hambal. Ibnu
Hambal mempelajari hadits-hadits serta beliau menulis lebih dari tiga ribu
hadits. Imam Syafii juga salah seorang guru dari Imam Ahmad bin Hambal.[12]
Selain mereka, masih banyak lagi guru Ahmad bin Hambal. Al-Mizzi
dalam kitabnya Tahdzib Al-Kamal menyebutkan bahwa guru Imam Ahmad bin
Hambal itu sebanyak 104 orang. Walaupun demikian itu bukan secara keseluruhan. Wallahu
a’lam.[13]
Murid-murid Ibnu Hambal amatlah banyak diantaranya, Yahya bin Adam,
Yazid bin Harun,Al-Bukhari, Muslim, dan lain-lain. Masih banyak lagi
pengikut-pengikut serta murid-muridnya yang menyalin dan menulis ilmu fiqh Ibnu
Hambal.[14]
Al-Mizzi juga menyebutkan dalam kitabnya Tahdzib Al-Kamal
bahwa terdapat 88 murid Imam Ahmad bin Hambal.[15]
Ibnu Hambal tidak mengarang selain dari hadits dan sunnah. Pada
keseluruhan kitab-kitabnya membicarakan hadits-hadits Rasulullah SAW.
Kesemuanya berdasarkan dalil-dalil dari al-Quran. Kitabnya yang termasyhur
adalah “Al-Masnad” yang mana beliau menghimpun di dalamnya beberapa banyak
hadits-hadits Rasulullah SAW. Dan menjadikan Al-Masnad sebagai panutan atau
imam. Di dalam Al-Masnad terdapat empat puluh ribu hadits. Ahmad bin hambal
telah memilihnya dari tujuh ratus ribu hadits.[16]
Ibnu Hambal mengalami sakit yang membawa kepada kematian. Ketika
beliau dalam keadaan sakit tidak ada perkara yang membuat hatinya selalu
berpikir kecuali beberapa perkara yaitu sholat, memikirkan tentang pembagian
harta yang ditinggalkan dan tiga helai rambut Nabi yang berada padanya.
Ibnu Hambal terkena penyakit demam panas pada hari pertama di bulan
Rabiul Awwal tahun 240 Hijriah, sehingga beliau tidak mampu untuk berjalan di
rumahnya melainkan dengan pertolongan.
Ibnu Hambal meninggal dunia pada hari jum’at tanggal 12 bulan
Rabiul Awwal tahun 241 Hijriah. Jenazah beliau dimandikan oleh Abu Bakar Ahmad
bin Al-Hujjaj Al-Maruzi, Jenazah beliau dikebumikan sesudah shalat jum’at di
Baghdad dan juga diiringi oleh puluhan ribu rakyat jelata.[17]
2.2 Dasar Pemikiran
Imam Ahmad bin Hambal[18]
A. Al-Quran dan
Al-Hadits
Apabila beliau menemukan nash maka beliau
menggunakan nash tersebut, dan beliau menfatwakanya, beliau mendahulukan nash
atas fatwa sahabat. Nash yang dimaksud disini adalah al-Quran dan al-Hadist,
keduanya adalah sumber fiqh Islam. Para sahabat dalam berpendapat akan berbeda
akan tetapi dalam berpendapat tetap tidak keluar dari sumber pokok yaitu
al-Quran dan al-Hadist shohih.
Contoh al-Quran:
Artinya: "Hai orang-orang yang beriman,
taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan ulil amri kamu, kemudian jika kamu
berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah dan Rasul,
jika kamu beriman kepada Allah dan hari akhirat. Yang demikian itu lebih baik
(bagimu) dan lebih baik akibatnya." (an-Nisâ'(:
Contoh Al-hadits:
إِنَّمَا
الاَعْمَالُ
بِاالنِّيات
Artinya:
"Segala sesuatu berasal dari niat (Bukhori - muslim).
B. Fatwa
Sahabat Nabi SAW[19]
Ketika didalam
nash tidak diketemukan maka beliau menggunakan fatwa sahabat, dan apabila fatwa
sahabat ada yang menyalahi dan ada perselisihan diantara mereka maka yang
beliau ambil yaitu yang dipandang lebih dekat kepada nash, baik al-Quran maupun
al-Hadist. Begitulah Imam Hambali dalam menyelesaikan permasalahan ketika sudah
tidak ditemui dalam al-Quran dan al-Hadist, maka perkataan sahabatlah yang akan
menjadi hujjah dengan ketentuan yang ada di atas.
Contoh : Abu
Bakar berpendapat dalam hal peperangan “ Jika orang kafir sudah bersembunyi
karena takut, maka kita tidak boleh membunuhnya.”
C. Al-Hadist Mursal dan Al-Hadist Dho’if[20]
Jika dari
ketiganya tidak diketemukan maka, beliau menetapkanya dari dasar al-Hadist
mursal dan al-Hadist dhoif, sebab yang dimaksud dengan al Hadits dhoif menurut
ibn Hambal adalah karena al-hadist ini terbagi menjadi dua, yaitu shohih dan
dhoif. Hadits dhoif didahulukan daripada qiyas, karena beliau mengganggap
dho’if bukan berarti batil dalam ilmu Mustalahat al-Hadist, menurut ibn Qoyyim
prinsip ini bukan hanya prinsip Imam Ahmad ibn Hambal saja.
Contoh al-hadits mursal :
أَنّ َرَسُوْلَ اللهِ ص.م : نَهَى عَنْ بَيْعِ الْمُزَابَنَةِ (روه مسلم(
Artinya
: Rasulullah SAW melarang jual beli dengan cara muzabanah (HR. Muslim).
Contoh al-hadits dhoif :
مَنْ
أَتَى حَائِضًا اَوْاِمْرَاةً فِى دُبُرِهاَ اَوْ كاَهِنًا فَقَدْ كَفَرَ بِمَا
أَنْزَلَ عَلَى مُحَمَّدٍ
Artinya : Barang
siapa melakukan hubungan intim dengan istrinya yang dalam keadaan haid atau
melalui jalan belakang atau mendatangi peramal, maka beliau telah kufur dengan
apa yang telah diturunkan kepada Nabi Muhammad.
D. Qiyas[21]
Apabila Imam
ibn Hambal tidak menemukan dasar hukum dari ke empat dasar istinbath, yaitu
al-Quran, al-Hadist, fatwa sahabat, Hadits mursal dan dho’if, baru beliau akan
menggunakan al-qiyas atas dasar darurat, beliau berkata :
سَاَءلْتُ الشَّافِعِي عِنْ
الْقِيَاسِ
فَقَالَ :اِنَّمَايُصَارُ اِلَيْهِ عِنْدَ الضَّرُوْرَةِ
Artinya : “Aku bertanya kepada ash-Syafi’i
tentang qiyas, maka dia berkata hanya saja diambil qiyas itu ketika darurat.”
Contoh : Minum narkotika adalah suatu perbuatan
yang perlu diterapkan hukumnya, sedang tidak satu nashpun yang dapat dijadikan
sebagai dasar hukumnya. Untuk menetapkan hukumnya dapat ditempuh cara qiyas
dengan mencari perbuatan yang lain yang telah ditetapkan hukumnya berdasar
nash, yaitu perbuatan minum khamr, yang diharamkan berdasar firman Allah SWT.
Kemudian terkecuali dalam bidang sosial
politik, maslalah al-mursalah tetap beliau pakai seperti contoh dalam kasus :
1. Menetapkan hukum ta’zir bagi mereka yang
selalu berbuat kerusakan.
2. Menetapkan hukum had yang lebih berat
terhadap mereka yang meminum minuman keras di siang hari pada bulan Ramadlan.
Dan cara-cara seperti itu , sering diikuti oleh
para pengikutnya. Begitu pula dengan dasar ihtisan, istishab, sadd al-zara’i,
sekalipun sangat jarang digunakan oleh Imam Ahmad ibn Hambal.
Adapun
hal-hal yang berkaitan dengan “halal” dan “haram”, beliau sangat teliti dalam
mengkaji beberapa hadits dan sanadnya yang terkait dengannya, tetapi beliau
sangat longgar dalam menerima hadist yang berkaitan dengan masalah akhlaq,
fadlail al-amal atau adat istiadat yang teruji, dengan persyaratan sebagai
berikut :
“Jika
kami telah menerima hadist Rasulullah yang menjelaskan masalah halal dan haram
atau perbuatan sunnah dan hukum-hukumnya maka, aku melakukan penelitian
al-Hadist secara ketat dan cermat begitu juga sanad-sanadnya, tetapi jika
berkaitan dengn fadla’il al-a’mal atau yang tidak berhubungan dengan hukum,
kami sedikit agak longgar.”
Sebagai seorang ulama’ besar gudang ilmu, tentu
saja beliau banyak sekali dihadapkan kepada berbagai pertanyaan, beliau akan
menjawabnya dengan sangat hati-hati sekali, tidak pernah terburu-buru. Dan
secara terus terang, beliau mengakui “belum tahu” kalau memang masalah itu
belum diketahuinya, atau belum diselidikinya. Karena itu beliau selalu berpesan
kepada murid-muridnya agar selalu berhati-hati dalam berfatwa yang belum jelas
dasar hukumnya.
[1] Ahmad
Asy-Syurbasi.1991.Sejarah dan Biografi Empat Imam Madzhab.Semarang:
Amzah. Hal.191-192
[2] Ahmad
Farid.2006.60 Biografi Ulama Salaf.Jakarta:Pustaka Al-Kautsar.
Hal.440-442
[3] Huzaemah
Tahido Yanggo, 1997, Pengantar Perbandingan Madzhab. Jakarta: Logos Wacana
Ilmu, hal.142-144
[4] Op.cit. Ahmad
Asy-Syurbasi. hal 254
[5] Ibid. Ahmad
Asy-Syurbasi. Hal 211
[6] Ahmad
Farid.2006.60 Biografi Ulama Salaf.Jakarta:Pustaka Al-Kautsar. Hal.432
[7] Ahmad
Asy-Syurbasi.1991.Sejarah dan Biografi Empat Imam Madzhab.Semarang: Amzah.
Hal.211
[8] Ibid, Ahmad
Asy-Syurbasi. Hal.212-214
[9] Ahmad
Farid.2006.60 Biografi Ulama Salaf.Jakarta:Pustaka Al-Kautsar.
Hal.435-436
[10] Op.cit, Ahmad
Asy-Syurbasi. Hal 193-194
[11] Ibid. Ahmad
Asy-Syurbasi. hal 193
[12] Ibid. Ahmad
Asy-Syurbasi. Hal 195
[13] Ahmad
Farid.2006.60 Biografi Ulama Salaf.Jakarta:Pustaka Al-Kautsar. Hal.459
[14] Op.cit, Ahmad
Asy-Syurbasi. Hal 206-207
[15] Op.cit, Ahmad
Farid. Hal 460
[16] Op.cit, Ahmad
Asy-Syurbasi. Hal 229
[17] Ibid. Ahmad
Asy-Syurbasi. Hal 255-257
[18] Huzaemah
Tahido Yanggo, 1997, Pengantar Perbandingan Madzhab. Jakarta: Logos
Wacana Ilmu, hal.142-144
[19] Ibid, Huzaemah
Tahido Yanggo.
[20] Ibid, Huzaemah
Tahido Yanggo.
[21] Ibid, Huzaemah
Tahido Yanggo.
ليست هناك تعليقات:
إرسال تعليق