الأربعاء، ٧ جمادى الآخرة ١٤٣٤ هـ

Biografi Imam Hambali


BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Biografi Imam Hambali  

Ahmad bin Hambal dilahirkan di kota Baghdad, pada bulan Rabi’ul Awwal tahun 164 Hijriah, yaitu setelah ibu beliau berpindah dari kota “Murwa” tempat tinggal ayah beliau.
Beliau ialah: Abu Abdullah Ahmad bin Muhammad bin Hambal bin Hilal bin Asad bin Idris bin Abdullah bin Hayyin bin Abdullah bin Anas bin Auf bin Qasit bin Syaiban, mendapat gelar Al-Maruri kemudian Al-Baghdadi. Keturunan Ibnu Hambal bertemu dengan keturunan Rasulullah SAW. pada Mazin bin Mu’ad bin Adnan. Ibnu Hambal termasyhur dengan nama datuk beliau “Hambal” karena itu manusia menyebut beliau dengan nama Ibnu Hambal sedangkan Hambal adalah datuk beliau, sementara ayah beliau ialah Muhammad, ini adalah disebabkan datuk beliau lebih masyhur dari ayah beliau. Ayah beliau adalah seorang pejuang yang handal sementara datuk beliau adalah seorang gubernur di wilayah “Sarkhas” dalam jajahan Kharasan, di masa pemerintahan Umawiyyin.
Ayah Ibnu Hambal meninggal dunia sewaktu beliau masih kecil. Oleh karena itu beliau hidup sebagai anak yatim yang diasuh oleh ibu beliau saja. Ibu beliau bernama Safiyyah binti Maimunah binti Abdul Malik Asy-Syaibani dari suku Amir.
Ibnu Hambal hidup sebagai seorang yang rendah hati dan miskin, karena ayah beliau tidak meninggalkan warisan pada beliau selain dari sebuah rumah yang kecil yang didiaminya, dan sedikit tanah yang sangat kecil penghasilannya. Oleh karena itu, beliau menempuh kehidupan yang susah beberapa lama hingga beliau terpaksa bekerja untuk mencari kebutuhan hidup, beliau pernah bekerja dikedai-kedai jahit sebagaimana yang diceritakan oleh Ibnu Rajabul-Hambali. Di waktu yang lain pula beliau mengambil upah menulis atau beliau mengambil upah menenun kain atau menjualnya, dan kadangkala beliau terpaksa mengambil upah membawa barang-barang di jalan-jalan, demikian beliau sangat menjaga dengan perkara yang halal, beliau tidak menerima perkara yang ada subhat dan tidak pula beliau menerima hadiah-hadiah atau pemberian-pemberian. [1]
Dikatakan pula dalam buku lain bahwa Ibnu Hambal adalah seseorang yang zuhud, seperti yang telah dikatakan oleh Shaleh bin Ahmad bin Hambal bahwa “Ahmad bin Hambal sering kali membuat adonan tanpa cuka. Aku sering melihatnya makan roti keras dan kasar yang dikibas-kibaskan karena terkena debu. Roti itu lalu diletakkan di panci besar lalu dia menuangkan air ke dalamnya agar lembek. Setelah lembek, dia memakannya dengan garam. Selain itu juga, Beliau adalah seorang yang wara’ yang mana dalam perkataan Al-Ulaimi, “Sebagian dari sifat wira’i Ahmad bin Hambal adalah dia meninggalkan untuk isterinya-ibu dari Abdullah- sebuah rumah dan mengambil satu dirham darinya sebagai hak mendapatkan warisan.[2]
Imam Ibnu Hambal tidak memberikan suatu fatwa melainkan setelah ditanya dan tidak juga diberi fatwa kecuali perkara itu telah terjadi. Dan apabila dalam menerima hadist dan sudah di teliti oleh ia diketemukan baik dalam sejarah maupun rawinya kurang kuat kebenaranya maka ia akan tidak menggunakan hadits tersebut. Selanjutnya , fiqh Ahmad Ibn Hambal itu pada dasarnya lebih banyak di dasarkan pada al-Hadits, dalam artian setelah al-Quran.[3]
Di antara sifat Ibnu Hambal yang mulia adalah memaafkan orang yang berbuat kesalahan terhadapnya. Dan budi pekerti beliau ialah merendahkan diri kepada fakir miskin dan orang-orang yang lemah, sekalipun beliau adalah seorang yang mulia di muka orang yang besar dan mulia. Serta beliau adalah seorang yang banyak beribadah dan bertahajjud.[4]
Imam Hambali hidup dalam kurun waktu yang penuh dengan fitnah yang mengatakan bahwa al-Quran adalah baru makhluk. Sehingga timbul golongan Mu’tazilah. Ahmad bin Abi Duab Al-Mu’tazili adalah wazir atau menteri pada masa Al-Ma’mun yang mewujudkan fitnah.[5]
Al-Ma’mun condong pada pendapat Mu’tazilah, maka dia memaksa para ulama dan para hakim untuk menyuarakan madzhab yang sesat. Kebanyakan ulama yang menerima seruannya itu karena tidak berdaya[6] lain hal dengan Ahmad bin Hambal, beliau enggan mendukung pendapat itu karena tetap mempercayai bahwa al-Quran adalah percakapan Allah dan percakapan Allah adalah salah satu sifat-Nya.[7] Ibnu Hambal di bawa menghadap Al-Ma’mun  dengan tangannya terikat. Kemudian Al-Ma’mun meninggal dunia lalu digantikan oleh Al-Mu’tasim. Al-Mu’tasim memegang jabatan khalifah, Ibnu Abi Duab masih tetap kementerian, manakala Ibnu Hambal yang dikurung atau ditahan menanti hukuman. Ibnu Hambal dibujuk oleh mereka tetapi beliau tetap dalam pendiriannya. Beliau dipukul dengan kuat sehingga beliau jatuh pingsan beberapa kali. Mereka mengurung Ibnu Hambal dalam penjara selama dua tahun setengah.
Sesudah Al-Mu’tasim diganti oleh Al-Wathik, Al-Wathik tidak lagi mengusir atau menyakiti Ibnu Hambal tetapi dia hanya melarang Ibnu Hambal untuk tidak mempengaruhi orang banyak. Setelah Al-Wathik meninggal dunia digantikan oleh Al-Mutawakkil.
Khalifah Al-Mutawakkil berusaha untuk menghilangkan persengketaan fitnah. Imam ahmad bin Hambal kembali mengajar seperti biasa. Beliau telah mengalami penderitaan selama empat belas tahun.
Al-Mutawakkil beberapa kali menawarkan kepada Ibnu Hambal dengan harta kekayaan tetapi tidak diterima namun karena keadaan yang tidak dapat dielakkan akhirnya beliau terpaksa menerima. Pada akhirnya, Al-Mutawakkil meyakini keikhlasan Ibnu Hambal, beliau tidak akan menerima satupun hasutan terhadapnya.[8]
Dalam menuntut ilmu, Imam Hambal telah menempuh rihlah (perjalanan untuk mencari ilmu) ke berbagai negara, seperti ke Kufah, Bashrah, Hijaz, Makkah, Madinah, Yaman, Syam, Tsaghur, daerah-daerah pesisir, Marokko, Al-Jazair, Al-Faratin, Persia, Khurasan, daerah pegunungan serta ke lembah-lembah dan lain sebagainya. Setelah melakukan rihlah yang panjang ini, akhirnya Imam Hambali pun kembali lagi ke Baghdad hingga pada masanya, dia menjadi ulama terkemuka. Dia abdikan ilmu pengetahuannya untuk agama Allah.[9]
Dalam buku lain, Ahmad bin Hambal menuntut ilmu dengan cara menghafal al-Quran dan mempelajari bahasa. Beliau belajar menulis dan mengarang di Diwan, umur beliau waktu itu ialah empat belas tahun. Beliau hidup sebagai seorang yang cinta kepada menuntut ilmu dan bekerja keras. Pada permulaannya beliau menyalin kitab-kitab yang berdasarkan kepada pemikiran serta beliau menghafalnya, kemudian beliau tidak lagi menatapinya bahwa beliau lebih gemar untuk mempelajari hadist, oleh karena itu beliau mengumpulkannya dari beberapa tempat. Pengumpulan ini dimulakan pada tahun 179 Hijriah.
Pengembaraan beliau yang pertama ialah Kufah, yaitu pada tahun 133 Hijriah dan di tahun itulah guru beliau yang bernama Husyaim bin Busyair meninggal dunia.
Beliau mengembara ke Basrah untuk pertama kalinya ialah pada tahun 186 Hijriah dan pertama kali beliau mengerjakan ibadah haji ialah pada tahun 187 Hijriah.[10]
Ibnu Hambal mengerjakan haji sebanyak lima kali, tiga kali dengan berjalan kaki, beliau berbelanja pada tiap-tiap kali hanya sebanyak tiga puluh dirham saja.[11]
Guru Ibnu Hambal yang pertama adalah Abi Yusuf Yakub bin Ibrahim Al-Qadhi, seorang rekan Abu Hanifah. Beliau mempelajari ilmu fiqh dan hadits.
Menurut pendapat yang lain yang pertama ialah Husyaim bin Basyir bin Abi Khasim Al-Wasiti, karena beliau banyak mempengaruhi Ibnu Hambal. Ibnu Hambal mempelajari hadits-hadits serta beliau menulis lebih dari tiga ribu hadits. Imam Syafii juga salah seorang guru dari Imam Ahmad bin Hambal.[12]
Selain mereka, masih banyak lagi guru Ahmad bin Hambal. Al-Mizzi dalam kitabnya Tahdzib Al-Kamal menyebutkan bahwa guru Imam Ahmad bin Hambal itu sebanyak 104 orang. Walaupun demikian itu bukan secara keseluruhan. Wallahu a’lam.[13]
Murid-murid Ibnu Hambal amatlah banyak diantaranya, Yahya bin Adam, Yazid bin Harun,Al-Bukhari, Muslim, dan lain-lain. Masih banyak lagi pengikut-pengikut serta murid-muridnya yang menyalin dan menulis ilmu fiqh Ibnu Hambal.[14]
Al-Mizzi juga menyebutkan dalam kitabnya Tahdzib Al-Kamal bahwa terdapat 88 murid Imam Ahmad bin Hambal.[15]
Ibnu Hambal tidak mengarang selain dari hadits dan sunnah. Pada keseluruhan kitab-kitabnya membicarakan hadits-hadits Rasulullah SAW. Kesemuanya berdasarkan dalil-dalil dari al-Quran. Kitabnya yang termasyhur adalah “Al-Masnad” yang mana beliau menghimpun di dalamnya beberapa banyak hadits-hadits Rasulullah SAW. Dan menjadikan Al-Masnad sebagai panutan atau imam. Di dalam Al-Masnad terdapat empat puluh ribu hadits. Ahmad bin hambal telah memilihnya dari tujuh ratus ribu hadits.[16]
Ibnu Hambal mengalami sakit yang membawa kepada kematian. Ketika beliau dalam keadaan sakit tidak ada perkara yang membuat hatinya selalu berpikir kecuali beberapa perkara yaitu sholat, memikirkan tentang pembagian harta yang ditinggalkan dan tiga helai rambut Nabi yang berada padanya.
Ibnu Hambal terkena penyakit demam panas pada hari pertama di bulan Rabiul Awwal tahun 240 Hijriah, sehingga beliau tidak mampu untuk berjalan di rumahnya melainkan dengan pertolongan.
Ibnu Hambal meninggal dunia pada hari jum’at tanggal 12 bulan Rabiul Awwal tahun 241 Hijriah. Jenazah beliau dimandikan oleh Abu Bakar Ahmad bin Al-Hujjaj Al-Maruzi, Jenazah beliau dikebumikan sesudah shalat jum’at di Baghdad dan juga diiringi oleh puluhan ribu rakyat jelata.[17]

2.2 Dasar Pemikiran Imam Ahmad bin Hambal[18]

A. Al-Quran dan Al-Hadits
Apabila beliau menemukan nash maka beliau menggunakan nash tersebut, dan beliau menfatwakanya, beliau mendahulukan nash atas fatwa sahabat. Nash yang dimaksud disini adalah al-Quran dan al-Hadist, keduanya adalah sumber fiqh Islam. Para sahabat dalam berpendapat akan berbeda akan tetapi dalam berpendapat tetap tidak keluar dari sumber pokok yaitu al-Quran dan al-Hadist shohih.
Contoh al-Quran:
Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan ulil amri kamu, kemudian jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah dan Rasul, jika kamu beriman kepada Allah dan hari akhirat. Yang demikian itu lebih baik (bagimu) dan lebih baik akibatnya." (an-Nisâ'(:
Contoh Al-hadits:
إِنَّمَا الاَعْمَالُ بِاالنِّيات
Artinya: "Segala sesuatu berasal dari niat (Bukhori - muslim).



B. Fatwa Sahabat Nabi SAW[19]
Ketika didalam nash tidak diketemukan maka beliau menggunakan fatwa sahabat, dan apabila fatwa sahabat ada yang menyalahi dan ada perselisihan diantara mereka maka yang beliau ambil yaitu yang dipandang lebih dekat kepada nash, baik al-Quran maupun al-Hadist. Begitulah Imam Hambali dalam menyelesaikan permasalahan ketika sudah tidak ditemui dalam al-Quran dan al-Hadist, maka perkataan sahabatlah yang akan menjadi hujjah dengan ketentuan yang ada di atas.
Contoh : Abu Bakar berpendapat dalam hal peperangan “ Jika orang kafir sudah bersembunyi karena takut, maka kita tidak boleh membunuhnya.”
C.  Al-Hadist Mursal dan Al-Hadist Dho’if[20]
Jika dari ketiganya tidak diketemukan maka, beliau menetapkanya dari dasar al-Hadist mursal dan al-Hadist dhoif, sebab yang dimaksud dengan al Hadits dhoif menurut ibn Hambal adalah karena al-hadist ini terbagi menjadi dua, yaitu shohih dan dhoif. Hadits dhoif didahulukan daripada qiyas, karena beliau mengganggap dho’if bukan berarti batil dalam ilmu Mustalahat al-Hadist, menurut ibn Qoyyim prinsip ini bukan hanya prinsip Imam Ahmad ibn Hambal saja.
Contoh al-hadits mursal :

أَنّ َرَسُوْلَ اللهِ ص.م : نَهَى عَنْ بَيْعِ الْمُزَابَنَةِ (روه مسلم(
 Artinya : Rasulullah SAW melarang jual beli dengan cara muzabanah (HR. Muslim).
Contoh al-hadits dhoif :
مَنْ أَتَى حَائِضًا اَوْاِمْرَاةً فِى دُبُرِهاَ اَوْ كاَهِنًا فَقَدْ كَفَرَ بِمَا أَنْزَلَ عَلَى مُحَمَّدٍ
Artinya : Barang siapa melakukan hubungan intim dengan istrinya yang dalam keadaan haid atau melalui jalan belakang atau mendatangi peramal, maka beliau telah kufur dengan apa yang telah diturunkan kepada Nabi Muhammad.
D. Qiyas[21]
Apabila Imam ibn Hambal tidak menemukan dasar hukum dari ke empat dasar istinbath, yaitu al-Quran, al-Hadist, fatwa sahabat, Hadits mursal dan dho’if, baru beliau akan menggunakan al-qiyas atas dasar darurat, beliau berkata :

 سَاَءلْتُ الشَّافِعِي عِنْ الْقِيَاسِ فَقَالَ :اِنَّمَايُصَارُ اِلَيْهِ عِنْدَ الضَّرُوْرَةِ
                                                                                                                              
Artinya : “Aku bertanya kepada ash-Syafi’i tentang qiyas, maka dia berkata hanya saja diambil qiyas itu ketika darurat.”
Contoh : Minum narkotika adalah suatu perbuatan yang perlu diterapkan hukumnya, sedang tidak satu nashpun yang dapat dijadikan sebagai dasar hukumnya. Untuk menetapkan hukumnya dapat ditempuh cara qiyas dengan mencari perbuatan yang lain yang telah ditetapkan hukumnya berdasar nash, yaitu perbuatan minum khamr, yang diharamkan berdasar firman Allah SWT.
Kemudian terkecuali dalam bidang sosial politik, maslalah al-mursalah tetap beliau pakai seperti contoh dalam kasus :
 1.   Menetapkan hukum ta’zir bagi mereka yang selalu berbuat kerusakan.
 2. Menetapkan hukum had yang lebih berat terhadap mereka yang meminum minuman keras di siang hari pada bulan Ramadlan.
Dan cara-cara seperti itu , sering diikuti oleh para pengikutnya. Begitu pula dengan dasar ihtisan, istishab, sadd al-zara’i, sekalipun sangat jarang digunakan oleh Imam Ahmad ibn Hambal.
 Adapun hal-hal yang berkaitan dengan “halal” dan “haram”, beliau sangat teliti dalam mengkaji beberapa hadits dan sanadnya yang terkait dengannya, tetapi beliau sangat longgar dalam menerima hadist yang berkaitan dengan masalah akhlaq, fadlail al-amal atau adat istiadat yang teruji, dengan persyaratan sebagai berikut :
 “Jika kami telah menerima hadist Rasulullah yang menjelaskan masalah halal dan haram atau perbuatan sunnah dan hukum-hukumnya maka, aku melakukan penelitian al-Hadist secara ketat dan cermat begitu juga sanad-sanadnya, tetapi jika berkaitan dengn fadla’il al-a’mal atau yang tidak berhubungan dengan hukum, kami sedikit agak longgar.”
Sebagai seorang ulama’ besar gudang ilmu, tentu saja beliau banyak sekali dihadapkan kepada berbagai pertanyaan, beliau akan menjawabnya dengan sangat hati-hati sekali, tidak pernah terburu-buru. Dan secara terus terang, beliau mengakui “belum tahu” kalau memang masalah itu belum diketahuinya, atau belum diselidikinya. Karena itu beliau selalu berpesan kepada murid-muridnya agar selalu berhati-hati dalam berfatwa yang belum jelas dasar hukumnya.


[1] Ahmad Asy-Syurbasi.1991.Sejarah dan Biografi Empat Imam Madzhab.Semarang: Amzah. Hal.191-192
[2] Ahmad Farid.2006.60 Biografi Ulama Salaf.Jakarta:Pustaka Al-Kautsar. Hal.440-442
[3] Huzaemah Tahido Yanggo, 1997, Pengantar Perbandingan Madzhab. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, hal.142-144
[4] Op.cit. Ahmad Asy-Syurbasi. hal 254
[5] Ibid. Ahmad Asy-Syurbasi. Hal 211
[6] Ahmad Farid.2006.60 Biografi Ulama Salaf.Jakarta:Pustaka Al-Kautsar. Hal.432
[7] Ahmad Asy-Syurbasi.1991.Sejarah dan Biografi Empat Imam Madzhab.Semarang: Amzah. Hal.211
[8] Ibid, Ahmad Asy-Syurbasi. Hal.212-214
[9] Ahmad Farid.2006.60 Biografi Ulama Salaf.Jakarta:Pustaka Al-Kautsar. Hal.435-436
[10] Op.cit, Ahmad Asy-Syurbasi. Hal 193-194
[11] Ibid. Ahmad Asy-Syurbasi. hal 193
[12] Ibid. Ahmad Asy-Syurbasi. Hal 195
[13] Ahmad Farid.2006.60 Biografi Ulama Salaf.Jakarta:Pustaka Al-Kautsar. Hal.459
[14] Op.cit, Ahmad Asy-Syurbasi. Hal 206-207
[15] Op.cit, Ahmad Farid. Hal 460
[16] Op.cit, Ahmad Asy-Syurbasi. Hal 229
[17] Ibid. Ahmad Asy-Syurbasi. Hal 255-257
[18] Huzaemah Tahido Yanggo, 1997, Pengantar Perbandingan Madzhab. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, hal.142-144

[19] Ibid, Huzaemah Tahido Yanggo.
[20] Ibid, Huzaemah Tahido Yanggo.
[21] Ibid, Huzaemah Tahido Yanggo.

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق